Takut Pengeluaran Membengkak, Ini Tips Hemat Selama Bulan Ramadan

Barang-Barang yang Semakin Laku di Bulan Ramadhan
May 8, 2019
Ternyata Bisnis Sepatu Bekas Cukup Menjanjikan
May 10, 2019

Bulan Suci Ramadan telah tiba, umat muslim di seluruh dunia tengah larut dalam suka cita. Seluruh umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa.

Bila kita mengaitkan Ramadan dengan pengeluaran, kita berharap bisa berhemat semala Ramadan. Namun faktanya justru sebaliknya, banyak yang mengalami pembengkakan pengeluaran. Bukan begitu?

Untuk itu kalian wajib mengetahui tips berhemat selama Bulan Ramadan

1. Belanja Kebutuhan Langsung untuk Sebulan Kedepan
Saat Bulan Ramadan harga kebutuhan pokok cenderung naik. Tapi tenang kamu bisa menyiasatinya dengan cara belanja kebutuhan pokok yang bisa bertahan lama untuk satu bulan kedepan. Selain itu, saat belanja kamu juga bisa berburu diskon, sehingga akan menghemat pengeluaran kamu.

2. Memanfaatkan Diskon Selama Ramadan
Selama Bulan Ramadan identik dengan belanja baju lebaran. Momen seperti ini bisa saja menguras dompetmu. Jika bisa saat belanja memanfaatkan diskon sebaik mungkin agar pengeluaran tidak membengkak.

3. Berburu Takjil Gratis
Sadar tidak kalau salah satu faktor yang bikin kamu boros saat Bulan Ramadan adalah keinginan membeli berbagai macam makanan saat buka puasa. Misalnya saja, saat buka ingin beli es degan, kolak, gorengan, sup buah dll. Tentu akan menguras dompetmu bukan. Kalau kamu ingin tetap menyantap takjil, coba deh datang ke masjid-masjid besar yang menyediakan takjil gratis. Kamu masih bisa menikmati takjil tanpa harus kepikiran pengeluaran akan membengkak.

4. Selektif dalam Memilih Acara Bukber
Ajakan buka bersama atau bukber makin berdatangan selama Ramadan. Kamu pasti akan mengeluarkan banyak uang saat menuruti semua undangan yang ada. Jika kamu ingin hemat, kamu harus lebih selektif memilih undangan bukber.

Acara buka bersama memang penting dan momennya pun tepat, hanya saja mulailah belajar untuk menguranginya. Perbanyak buka bersama di rumah, terutama bersama keluarga. Karena selain mampu membuat kamu berhemat, kamu pun bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

5. Membuat Kue Lebaran Sendiri
Harga bahan pokok pembuat kue selama Bulan Ramadan terus melonjak. Hal ini akan berdampak naiknya harga jual kue yang akan merugikan kamu. Coba deh buat kue sendiri, kamu hanya akan membayar biaya bahan-bahan buat kue. Lebih hemat sekaligus bisa mengasah kemampuan kamu bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *