Merajut Untung Dengan Usaha Boneka Amigurumi

Jual Sandal Bohemian, Perempuan Ini Raup Omzet Hingga 50 Juta Per Bulan
May 14, 2019

Produk boneka rajut lebih dulu terkenal di Jepang. Di Negeri Sakura boneka rajut ini disebut dengan nama Amigurumi, ‘ami’ berarti rajut, dan gurumi dari kata ‘naigurumi’ yang berarti boneka. Beberapa tahun belakang, seni amigurumi ini mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kerajinan ini juga sudah membuahkan hasil bagi sebagain orang.

Nungki Martika misalnya. Ibu dua anak ini sudah menggeluti kerajinan amigurumi ini selama sembilan tahun. Menurut Nungki, kegiatan merajut merupakan hiburan bagi dirinya. Selain itu merajut juga seperti passion baginya sekaligus mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih positif dan produktif.

Selain menjual produk boneka, Nungki juga menjual pola untuk membuat boneka rajut. Menurutnya fokus utama jualannya adalah menjual pola, karena produk jadi lebih memakan waktu baik di pembuatan maupun pengiriman. Namun Nungki juga mempunyai barang ready stock dan pre order. Mengingat pembuatan boneka amigurumi ini membutuhkan waktu yang cukup banyak. Menurutnya satu boneka bisa dikerjakan hingga satu minggu, tergantung tingkat kesulitan dan ukuran boneka.

Pada awalnya Nungki memasarkan produknya melalui Facebook. Tetapi kemudian dia dan suaminya pindah ke Jepang. Nungki lanjut memasarkan amigurumi buatannya di marketplace etsy.com. “Awalnya saya jual lewat Facebook, lalu saya dan suami pindah ke Jepang. Saya jadi jualan di etsy.com,” terang Nungki.

Nungki mengaku ia lebih suka menjual barangnya ke luar negeri, kebanyakan pembelinya berasal dari Amerika dan Eropa. Menurutnya mereka lebih menghargai seni kerajinan tangan. “Alasan saya tetap berjualan di etsy.com karena mereka orang luar bisa lebih menghargai barang-barang hand made. Karena boneka ini buatan tangan, prosesnya memakan banyak waktu otomatis harganya juga sedikit lebih mahal. Sedangkan kebanyakan orang lokal justru mengatakan barang ini terlalu mahal,” ungkap Nungki.

Selain mengurasi rasa bosan kegiatan Nungki ini lebih produktif. Dalam satu bulan kerajinan amigurumi yang digelutinya beromzet hingga 30 juta per bulan. Tertarik mencoba atau membelinya, kamu bisa kunjungi situs jual beli online esty.com/shop/kenjikuMade. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau mulai dari 50.000 an.

Sumber : Detik Finance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *