Ingin atau Sedang Menjalani Bisnis? Ini Tips Berbisnis Ala Influencer Arief Muhammad dan Tiara Pangestika

Arief Muhammad, Influencer Sekaligus Pebisnis Handal
May 11, 2019
Jual Sandal Bohemian, Perempuan Ini Raup Omzet Hingga 50 Juta Per Bulan
May 14, 2019

Pekerjaan impian milenial saat ini bukan hanya duduk di kantor, memakai baju rapi, berangkat jam 9 pulang jam 4. Saat ini banyak milenial yang lebih memilih membangun bisnis. Di samping bisnis yang dijalani sesuai dengan minat, jam kerja bagi para pengusaha juga terbilang fleksibel. Dan tentu kamu bakal menjadi bos untuk diri sendiri.

Banyaknya peluang bisnis memang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membangun bisnis. Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis atau sedang menjalankan bisnis, ada ada beberapa tips dari seorang influencer yang juga memiliki berbagai jenis usaha. Apa aja? Ini daftarnya.

1. Mulai dari Hal-hal Kecil
Buat kamu yang ingin memulai bisnis tapi tidak terlaksana karena kendala modal. Tenang, menurut Arief dan Tipang sebuah bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Kamu masih bisa memulai bisnis dengan modal kecil. Caranya jadi reseller, dropshipper atau usaha jasa titip yang sekarang tengah naik daun.

Kuncinya adalah kamu hanya membutuhkan sedikit effort untuk usaha jasa titip misalnya, kamu harus rajin ke mall dan sabar melayani pelanggan. Atau kamu bisa memanfaatkan skill yang kamu miliki untuk bisnis. Contoh kamu jago untuk mendesain, manggambar atau jago dalam bidang fotografi. Kamu bisa memanfaatkan itu untuk mulai berbisnis.

2. Jangan Takut Rugi dan Gagal
Ini penting banget buat kamu yang ingin memulai bisnis. Setiap hendak melakukan sesuatu kamu harus tahu apa konsekuensinya. Tak terkecuali bisnis. Memulai bisnis kamu harus siap dengan namanya kerugian dan kegagalan. Memang terasa sulit, tapi jika kamu bisa belajar dari kegagalan dan kerugian itu kamu akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ibaratnya nih kalau kata Arief dan Tipang, kalau kamu takut rugi dan gagal itu seperti kamu ingin berenang tapi takut air atau kamu ingin kuliah tapi takut tidak lulus. Jadi, untuk memulai bisnis kamu harus pikirkan matang-matang dan terima setiap konsekuensinya. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, begitulah kira-kira.

3. Belajar
Belajar adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan saat akan memulai atau sedang menjalankan bisnis. Dengan belajar kamu bisa mendapatkan tips dan trik dari para profesional. Kamu bisa belajar dari mana saja, internet atau datang ke acara seminar yang membahas tentang bisnis.

4. Bersikap Profesional
Nah, di tips terakhir ini lebih dikhususkan buat kamu yang punya teman atau saudara yang sedang atau akan menjalani bisnis. Saat ada teman atau saudara yang sedang memulai bisnis yang harus kamu lakukan adalah mendukungnya dengan cara membeli produk yang mereka jual atau menghargai usaha mereka. Bukan meminta barang jualan dengan dalih ‘harga teman’, ‘sama teman gratis kan’ dan sebagainya. Sebagai teman yang baik, kamu justru harus menberi dukungan kepada teman kamu yang tengah merintis usaha, bukan membebaninya dengan serentetan tuntutan sebagai teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *