Bisnis Body Repair Mobil

7 Cara Jitu mengembangkan Peluang Usaha Jam tangan pria
August 4, 2018
Perempuan Ini Sukses Jadi Pengusaha Permen Mewah
August 7, 2018

Sujak Widodo, seorang pemilik bengkel, meraup omzet miliaran rupiah per tahun dari modal sebesar ratusan ribu rupiah. Padahal, dia hanyalah tamatan SMP.

Pada 1997, Sujak bertemu dengan YDBA. Pola pembinaannya menarik hati pria ini dan Sujak memutuskan untuk menjadi mitra binaan yayasan tersebut. Di sana dia mendapatkan pelatihan tentang pengembangan manajemen, pengembangan SDM, hingga mendapatkan sertifikat sebagai mitra YDBA pada 2002. “Saat ini omzet usaha Sujak Motor mencapai lebih dari Rp 2,7 miliar per tahun” kata dia. (Sumber: VIVAnews.co.id)

Siapapun kita sebenarnya mempunyai peluang tersendiri untuk memulai usaha atau bisnis yang berpotensi  besar jika kita mampu melihat peluang dan celah yang ada di sekitar kita. Apapun bisnis yang akan anda mulai, jika ada peluang dan anda mampu memanfaatkannya dengan maksimal, maka kesuksesan bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Salah satu peluang usaha yang menjanjikan saat ini dan melihat besarnya pengguna mobil, terutama tingginya peminat komunitas mobil adalah bisnis bengkel cat mobil. Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Januari-Agustus 2015 penjualan hanya sampai di angka 671.643 unit. Sementara di 2016 mencapai total 691.042 unit. Meski begitu hasil keduanya masih jauh jika dibanding dengan tahun 2014, yang sampai 830.096 unit. (Sumber:Kompas.com)

Jika anda benar-benar melihat ada peluang membuka bisnis bengkel cat mobil, namun barangkali anda tidak mempunyai atau belum mempunyai kemampuan dibidang itu, maka jangan khawatir. anda bisa memanfaatkan tenaga-tenaga muda yang kreatif untuk mendukung usaha yang akan anda kelola, tentunya dengan hitungan yang jelas dan dituangkan dalam sebuah kontrak yang pasti juga. Nah, bagaimana cara memulai bisnis bengkel cat mobil agar bisa berjalan dengan baik, berikut penjelasannya :

1. Persiapan Modal 

Modal yang digunakan untuk memulai bisnis bengkel cat mobil tergolong besar bagi anda yang belum pernah menjalankan bisnis. Harus anda kalkulasikan biaya tempat, peralatan dan juga tentunya karyawan jika anda tidak mengerjakan sendiri.

2. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Pemilihan lokasi yang strategis bisa menjadi salah satu pembuka kesuksesan bisnis anda. Untuk itu sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis bengkel cat mobil, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu dengan seksama tempat mana yang sesuai dan potensial untuk dijadikan bisnis bengkel cat mobil. Usahakan memilih tempat dipinggir jalan raya agar mudah terlihat dan memiliki kemudahan akses ke bengkel.

3. Mempersiapkan Alat Yang Diperlukan

Tentu saja anda harus memiliki alat-alat yang akan anda dan karyawan gunakan untuk mengerjakan setiap proyek. Persiapkan semuanya semakin lengkap akan semakin baik, namun jika belum mampu membeli semuanya, pilihlah yang sekiranya sangat dibutuhkan dan harus ada untuk diprioritaskan dahulu. Untuk alat yang lain bisa menyusul sesuai dengan kebutuhan.

Alat-alat yang dibutuhkan pada bengkel cat mobil adalah :

  • Dongkrak mobil  Dongkrak-buaya dan Dongkrak Kaki)
  • Air Tools ( Compressor , spray-gun)
  • Power Tools (Gerinda, Bor, Amplas, Poles)
  • Mesin Las (Inverter atau Las Oxy-Acetylene)
  • Kunci-kunci (kunci roda, kunci pas 1 set, kunci ring 1 set, obeng 1 set, tang potong/kombinasi)
  • Cat, thinner, dempul
  • Rak untuk tempat bidang pengecatan
  • Kotak peralatan/Tool Trolley

4. Mencari Karyawan Yang Berkualitas

Segeralah mencari karyawan yang mempunyai skill yang bagus untuk bengkel cat anda. Karyawan dengan kualitas yang bagus tentu saja bisa menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi bisnis yang baru anda kelola. Berikan training atau pelatihan pada karyawan agar kwalitas pekerjaannya lebih baik dan mengetahui arah dan tujuan bisnis bengkel cat anda. Sehingga bisnis anda akan berkembang seiring dengan semakin meningkatnya SDM yang anda miliki.

 

Sumber : https://www.klikteknik.com/blog/peluang-bisnis-body-repair-mobil.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *