5 Jenis Usaha Yang Sangat Prospek Di Lokasi Kampus

Raup Omzet Jutaan dari Bisnis Penyewaan Alat Mendaki Gunung
August 2, 2018
7 Cara Jitu mengembangkan Peluang Usaha Jam tangan pria
August 4, 2018

Membangun suatu usaha yang sukses tidaklah mudah. Banyak dari pengusaha-pengusaha muda yang mengalami kegagalan dalam suatu usaha yang dibuatnya.

Hal yang mesti dilihat dalam membangun sebuah tempat usaha adalah lokasi. Ya! Jika anda teliti dalam memilih lokasi yang pas maka peluang anda untuk sukses semangkin besar.

1. Usaha Rumah makan

Kenapa rumah makan prospek? Karena mahasiswa juga butuh makan. Jelas Rumah makan adalah jenis usaha yang tak ada matinya. Kecuali jualan di kuburan, itu juga pasti ada yang beli. Setidaknya petugas kuburan yang sedang kelaparan.

Bisa dilihat disepanjang jalan universitas pasti banyak berjejer warung makan. Walaupun terlihat bersaing, karena ada rumah makan yang saling bersebelahan dan menjual produk yang sama.

Namun perlu diketahui, kita bisa menilai hal ini dengan teori probabilitas. Jika toko sebelah ramai, otomatis kursi yang ada didalam juga penuh. Dari sekian banyak pengunjung pasti setidaknya ada yang mampir ke rumah makan yang ada disebelahnya.

Dari yang awalnya dia membeli di rumah makan sebelah ada peluang dia akan mengganti haluan ke rumah makan sobat. Kenapa? Karena pada umumnya sesuai kata pepatah ‘Tak kenal maka tak sayang’ Hal ini juga berlaku didalam dunia bisnis.

Siapa tahu dengan mencoba di Rumah makan anda orang tersebut ternyata lebih cocok dengan masakan anda dan al hasil orang tersebut pindah haluan.

Keuntungan lain dari rumah makan adalah Delivery Service dimana ini juga cukup menguntungkan. Karena ditahun 2016 pola hidup ‘MAGER’ atau malas gerak semangkin berkembang biak dengan lancarnya.

Ini adalah keuntungan terbesar bagi Rumah makan yang menyediakan jasa pesan antar. Sasaran utama dari jasa pesan antar adalah kos-kos mahasiswa mager. Seperti yang saya amati, jasa pesan antar ini memang tidak memberikan keuntungan karena biaya pengantaran yang cukup murah yakni Rp.500.

Jika dilihat sekilas wahh sedikit sekali, ini mah untuk pengamen saja. tapi bisa dilihat dari barang dagangan yang laku, dan juga jumlah pemesan. Jika sehari bisa mendapat sekitar 50 pengantaran dikalikan Rp.500 anda sudah mendapatkan Rp.25.000 lumayankan? Sudah bisa menggantikan uang bensin, alias anda tidak mengalami kerugian.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membuka usaha rumah makan. Disarankan untuk berani beda, bukan menjual batu, besi, ingat ini diuntukkan pada mahasiswa bukan para mentalis the bust.

Berani beda disini adalah dalam memilih menu yang dijual. Buatlah nama menu yang unik, sehingga dapat memancing minat pembeli. Sasaran lokasi yang strategis adalah carilah tempat yang dekat dengan Kos-kosan sehingga peluang pembelinya lebih tinggi.

Disarankan juga untuk memilih hari penjualan yang pas. Karena pada umumnya banyak Rumah makan yang berada dekat kampus yang tutup pada hari sabtu maupun minggu. Disinilah waktu kalian untuk beraksi. Gunakan sistem delivery yang sudah saya katakan diatas. Selamat mencoba.

2. Usaha Kos-Kosan

Kos-kosan merupakan sasaran bisnis dan jenis usaha yang sangat pas. Jika kalian punya tanah kosong sekitar kampus. Wait jangan dijual, lebih baik dibangun kos-kosan saja. Anda pasti akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada anda menjual tanah ke perusahaan property yang nanti juga bakal di beli dan dibangun kos-kosan juga.

Jika dilihat memang sepertinya modal yang dibutuhkan untuk membangun kos-kosan sangat besar. Ya! Bisa dibilang besar, tapi pernah dengar teori timbal balik, dimana jika kita memberikan kontribusi besar maka akan mendapat hasil yang besar?

Sebenarnya jika dikatakan membangun kos membutuhkan modal besar. Mungkin tidak, besar tidaknya pengeluaran tergantung pada anda sendiri. Sebagai mana anda mengatur biaya pengoperasional, biaya model kos, apakah besar atau tidak.

Mengapa saya berani mengatakan bahwa kos sangatlah prospek? Karena saya sebagai anak kos juga mengalami hal tersebut.

Kebayang saat pertama kali datang ke kota orang, pergi merantau, jelas kos lah hal pertama yang dicari, kenyataannya dari sekian banyak kos yang ada disekitar kampus saya semuanya penuh.

Namun untungnya saya menemukan kos yang masih kosong. Beruntungnya saya, tapi ada satu hal yang membuat saya tidak senang, yaitu harganya yang fantastis.

Karena tidak ada pilihan terpaksa saya mengeluarkan uang Rp.900.000 untuk satu kamar kos yang berukuran 3×3 meter dengan fasilitas kasur, meja belajar yang biasa banget, sama lemari kayu handmade(bukan yang ber merk).

See, Rp. 900.000 dan disana terdapat sekitar 6-10 kamar yang memiliki harga 900k dan sebagian kamar ber ac dibandrol harga 1 juta lebih. Bayangkan berapa omzet perbulan yang dihasilkan. Belum lagi uang tersebut ditambah dengan  biaya pajak peralatan listrik yang saya gunakan.

Namun saya sarankan untuk sobat Klik Mania yang berniat untuk membuat kos. Ingat satuhal “Kenyamanan” karena kenyamanan merupakan kunci kesuksesan suatu kos-kosan.

Kebayang jika anak kosnya tidak betah. Pasti akan pindah dan memilih kos-kosan yang layak. Maka dari itu perhatikan kembali mengenai kenyamanan. Semoga beruntung.

3. Usaha Toko Fotocopy dan Print

“Ngapain bikin usaha begituan? Memangnya gimana lakunya?” Jelas dong. Kuliah tanpa tugas? IMPOSSIBLE! Kebanyakan tugas yang ada di Universitas memakai sistem print.

Perlu diingat tidak semua anak kos membawa printer dari tempat asalnya. Walaupun sebagian anak tajir akan membelinya langsung dilokasi. Tapi tidak semua anak kos begitu. Termasuk saya yang sering menggunakan jasa Fotocopy dan Print.

Kebayang dengan jumlah mahasiswa yang banyak dan memiliki tugas yang membutuhkan print setiap minggunya? Wow fantastis. Tidak hanya print, usaha ini juga bisa di selingi dengan laminating, cuci foto, dll.

Seperti yang dikatakan, jenis usaha ini tidak hanya mengincar dari print saja. Melainkan fotocopy. Kebanyakan dipengalaman saya sebagai mahasiswa. Para Dosen selalu menitipkan bahan ajar, seperti hasil power point, buku ajar, dan barang lainnya.

Ini menjadi hal yang sangat baik. Dengan dititipkannya barang pusaka seperti itu. Maka sudah pasti toko anda yang anak di incar oleh mahasiswa yang diajarnya. Kebayang jika dosen tersebut mengajar lebih dari 1 mata kuliah?

4. Usaha Loundry

Loundry? Ngapain? Biar kaya!

Kenapa Loundry prospek dilingkungan kampus. Lah memangnya mahasiswa nggak perlu nyuci baju? Jelas perlu dong.

Maka dari itu jenis usaha loundry juga memberikan banyak keuntungan. Apalagi loundry ini bisa anda kombinasikan dengan usaha kos-kosan anda. Wah jelas akan menjadi lebih sempurna.

Harga loundry jelas beragam ditiap wilayah dan kampus. Di wilayah kampus saya sendiri yang terletak di Jawa Tengah, harga perkilo normalnya Rp.4000.

Lumayan bukan? Kebayakan mahasiswa loundry lebih dari 1 kilo tiap minggunya. Silahkan dikalikan sendiri berapa banyak keuntungan yang dihasilkan berbulannya. Dapat diingat ada beberapa mahasiswa yang sekali loundry lebih dari 2 kilo bahkan ada yang mencapai 4 kilo, kebayang?

Hal yang perlu diperhatikan jika membuka loundry. Sebagai Loundry user alias pengguna loundry.

5. Usaha Toko alat tulis (ATK)

Mungkin sebagian dari pembaca akan bertanya. “loh apa berdanya dengan toko fotocopy dan print?” Beda! Mungkin ada beberapa toko ATK yang mengkombinasikan kedua hal tersebut. Namun toko mereka tidak ada yang namanya spesialisasi.

Sesuai observasi saya. Toko ATK cocok sekali di dekat kampus. Terutama menjual barang-barang yang pasti digunakan, seperti alat tulis atau peralatan arsitek.

Seperti sterofoam, penggaris, karton, dll. Kabar baiknya lagi anda dapat menjual barang tersebut dengan harga yang cukup tinggi. Maklum lingkungan kampus bro.

Pasti ada sebagian anak-anak kos yang bakal beli. Apalagi lokasi yang sangat strategis.

Jika ada tambahan modal toko ATK ini dapat di kombinasi dengan alat-alat komputer seperti headset, dll.

Tidak disarankan mengkombinasikannya dengan toko semen atau toko ikan hias. Jangan sampai terjadi. Jika ingin dikombinasikan dengan toko fotocopy dan print juga tidak dilarang.

Dengan cacatan space ruangan tersedia dan tidak sumpek alias sempit. Karena ingat konsumen juga melihat suatu toko dari cara peletakkannya dan enak atau tidak jika di pandang.

Percaya atau tidak ini sering terjadi dikalangan konsumen. Termasuk saya sendiri yang melakukan hal tersebut.

Sumber : https://www.klikmania.net/jenis-usaha-di-lokasi-kampus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *