Usaha Ini Cocok untuk yang Tinggal di Sekitar Pantai: Jasa Kamar Mandi!

Sempat Jadi TKI, Kini Jadi Pengusaha Sukses
July 10, 2018
Menyulap Garut Jadi Kota Cokelat untuk Dunia
July 12, 2018

Pantai merupakan tempat yang paling asyik untuk bermain. Deburan ombak, air laut yang jernih, dan hamparan pasir putih menyatu indah. Di Indonesia sendiri, ada beberapa nama pantai yang wajib untuk dikunjungi. Misalnya, Pantai Pink, Pantai Nihiwatu, Pantai Gili Trawangan, dan Pantai Derawan terkenal dengan keindahannya yang luar biasa.

Sambil menikmati indahnya pantai, Anda bisa sekalian mencari uang juga. Caranya dengan membuka Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) di sekitar pantai. Kecintaan masyarakat Indonesia untuk pergi ke pantai wajib Anda jadikan sebagai peluang usaha. Namun, usaha seperti apakah yang harus dibangun? Berikut adalah sepuluh ide usaha bagi Anda yang tinggal di pantai:

1. Jual Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman merupakan usaha yang tak ada matinya. Semua manusia membutuhkan keduanya untuk bisa bertahan hidup. Suasana di pantai akan terasa lengkap jika makanan dan minuman ini tersedia. Namun, perlu ada penyesuaian menu yang dijual. Untuk makanan, Anda bisa menyediakan menu makanan laut, seperti ikan, kepiting, udang, dan cumi-cumi. Untuk minuman, minumannya seperti air kelapa muda, es jeruk, dan es lemon.

2. Menjual Cenderamata

Daerah pantai sangat cocok dijadikan sebagai pusat berdagang cenderamata. Cenderamata yang unik dan khas akan selalu diburu oleh banyak orang. Selain kaos, Anda juga bisa menjual aksesoris seperti tas, kalung, topi, kacamata, dan gelang. Cenderamata ini akan semakin laku jika terdapat ukiran nama pantai yang bersangkutan karena bisa dijadikan sebagai buah tangan.

3. Jualan Layang-Layang

Bermain layang-layang di pantai? Pasti akan terlihat seru. Suasana liburan juga akan semakin terasa. Angin pantai yang kencang sangat mendukung Anda untuk jualan layang-layang. Sediakan model layang-layang yang sederhana, namun unik. Jangan lupa untuk menyediakan variasi ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga besar.

4. Sewa Tikar

Orang yang berkunjung ke pantai biasanya membawa keluarga besarnya. Jumlahnya pun bisa mencapai 8-10 orang. Disini, Anda bisa memanfaatkan jumlah masa untuk membuka usaha sewa tikar, sehingga suasana kumpul keluarga akan semakin terasa. Ditambah lagi dengan pemandangan pantai yang indah.

5. Sewa Alat Snorkling

Snorkling atau menyelam menjadi kegiatan wajib bagi sebagian orang yang berwisata ke pantai. Indahnya biota bawah laut menjadi daya tarik untuk kegiatan snorkling. Menyelam cocok dilakukan jika keadaan air pantainya tenang. Adanya jasa sewa alat snorkling akan memudahkan pengunjung untuk menikmati indahnya panorama bawah laut. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

6. Sewa Papan Selancar

Tidak semua pantai bisa dijadikan sebagai tempat untuk berselancar. Hanya pantai dengan ombak yang tenang dan bebas dari karanglah yang cocok untuk para peselancar. Pengunjung yang ingin merasakan sensasi pantai pasti membutuhkan papan selancar sebagai perlengkapannya. Peluang inilah yang patut dibidik. Anda bisa menyediakan beberapa papan selancar untuk disewakan.

7. Sewa Ban Renang

Ban renang ini sangat cocok bagi pengunjung yang tidak pandai berenang, tapi tetap ingin berenang. Untuk itu, Anda bisa membuka usaha sewa ban renang. Sasaran usaha Anda ialah mereka yang tak bisa berenang dan anak-anak yang masih kecil.

8. Sewa Tenda

Pantai adalah tempat yang pas untuk menelentangkan badan, menikmati udara sepoi-sepoi, dan menikmati sehatnya sinar UV. Hal inilah yang patut dijadikan peluang usaha. Tenda yang disediakan tak perlu mewah, karena yang sederhana saja sudah cukup. Yang terpenting, pengunjung merasa nyaman dan bisa menikmati suasana pantai.

9. Jasa Pembuatan Tato Temporer

Beberapa pengunjung ada yang menyukai seni lukis tato. Sehingga jasa pembuatan tato temporer ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha. Beberapa pecinta seni tato memanfaatkan ini untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Jasa pembuatan tato ini juga sudah tersedia di beberapa pantai di Indonesia, khususnya Bali.

10. Jasa Kamar Mandi

Penyediaan kamar mandi di daerah pantai menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Bagaimana tidak, kamar mandi dibutuhkan sebagai tempat untuk bersih-bersih. Selain mengganti pakaian, pengunjung juga ingin membersihkan tubuhnya dari pasir-pasir yang lengket. Keuntungan yang dapat Anda raup dari usaha ini sangatlah besar. Apalagi jika pengunjung di pantai tersebut selalu ramai setiap saat.

Saat ini hampir semua tempat bisa dijadikan sebagai lahan usaha, termasuk pantai. Itulah 10 jenis usaha di daerah pantai yang direkomendasikan. Tertarik untuk mencoba?

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2017/09/28/320/1784775/usaha-ini-cocok-untuk-yang-tinggal-di-sekitar-pantai-jasa-kamar-mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *