Terungkap Kedai Teh Kalah Populer dari Kedai Kopi di Indonesia meski Kita Penghasil Teh Terbaik

Achmad Fahmi, Sarjana IT Yang Sukses Jualan Kopi Beromzet 12 Juta
May 12, 2018
7 Langkah Membuka Usaha Ayam Penyet
May 15, 2018

Edukasi khalayak
Jurus menjual teh Indonesia berkualitas top dan dikemas dalam bungkusan luks juga ditempuh Widyoseno Estitoyo—pemuda yang menjual teh dengan merek Havelteh.

Seperti Lewis and Carroll, pada tahun pertama Havelteh berdiri, Widyoseno bersusah-payah meyakinkan khalayak untuk meminum teh kualitas tinggi.

“Saya bahkan menggelar sesi edukasi di kafe-kafe untuk khalayak umum, dengan mempersilakan mereka untuk mencicipi teh berkualitas tinggi asli Indonesia. Melalui cara itu kan mereka bisa membedakan sendiri mana teh kualitas prima dan yang kualitas rendah,” ujar Widyoseno.

Kini, Havelteh mampu menangguk untung. Bahkan, merek itu telah diekspor ke Singapura.

“Kalau tahun lalu omzet kita Rp12juta sampai Rp15 juta per bulan. Tapi sekarang kita bisa Rp50 juta sampai Rp60 juta per bulan,” aku Widyoseno.

Berkaca pada pengalaman kedua pebisnis tersebut, prospek bisnis teh di Indonesia cukup cerah.

 

Sharyn Johnston, juri teh internasional dan pendiri Australian Tea Masters, meyakinkan bahwa kualitas teh Indonesia tidak perlu diragukan.

“Indonesia punya teh-teh yang dahsyat dan, sayangnya, dunia tidak tahu. Teh Indonesia enak, dan mampu memenangi penghargaan internasional. Orang-orang terkejut, mereka mengatakan, ‘Kami kira teh Indonesia berkualitas rendah’. Saya jawab, ‘Tidak, kualitas teh Indonesia justru tinggi’.

“Masalahnya, rak-rak supermarket dipenuhi teh berkualitas rendah, sehingga masyarakat yang membelinya menjadi terbiasa dengan teh seperti itu. Rakyat Indonesia perlu mengapresiasi tehnya sendiri,” tutur Johnston.

Artikel ini telah tayang di Tibun

http://medan.tribunnews.com/2018/03/14/terungkap-kedai-teh-kalah-populer-dari-kedai-kopi-di-indonesia-meski-kita-penghasil-teh-terbaik?page=4.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *