7 Langkah Membuka Usaha Ayam Penyet

Terungkap Kedai Teh Kalah Populer dari Kedai Kopi di Indonesia meski Kita Penghasil Teh Terbaik
May 14, 2018
Nekad Keluar Kerja dari Bank, Sempat Jualan Jilbab dan Es Teh
May 16, 2018

Tidak hanya usaha ayam bakar atau jenis lainnya, usaha ayam penyet semakin ramai saja. Apalagi bagi para pecinta makanan pedas, kuliner yang satu ini menjadi primadona tersendiri. Saking banyaknya konsumen ayam penyet, pengusaha ayam penyet juga kian bertambah. Yah, tidak lain karena kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Tertarik untuk membuka usaha ayam penyet? Tentunya bagi anda yang berniat membuka usaha, usaha ayam penyet memiliki prsopek yang sangat baik. Selain mudah menjalankannya, permintaannya pun semakin tinggi. Ini tidak lain karena paradigma masyarakat yang cenderung ingin serba instan sehingga mereka tidak perlu repot membuatnya sendiri. Yah, tinggal beli langsung makan. Mungkin ini saat yang tepat untuk membuka usaha ayam penyet.

Meskipun begitu, membuka usaha ayam penyet tidak serta-merta membukanya dengan asal-asalan. Jika demikian, yang ada usaha malah tidak berjalan bahkan langsung gulung tikar.oleh sebab itu, anda membutuhkan langkah-langkah yang jitu untuk memulai usaha ini. Di bawah ini akan dibahas mengenai langkah-langkah membuka usaha ayam penyet. Ada 8 langkah buka usaha ayam penyet yang perlu anda garisbawahi, antara lain:

  1. Persiapkanlah modal yang memadai

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah modal. Tentu saja modal menjadi hal utama dalam membuka sebuah usaha. Tanpa modal, rasa-rasanya sulit untuk menjalankan bisnis. Yah, baik modal materi maupun non-materi. Modal materi sangat dibutuhkan untuk membeli peralatan dan perlengkapan, biaya sewa tempat (jika sewa), bayar karyawan (jika punya karyawan), membeli bahan baku, biaya promosi, dan biaya-biaya lainnya. Perhitungkanlah semua kebutuhan yang diperlukan agar anda bisa mengetahui berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ayam penyet ini. Jika anda bisa mengatur atau mengalokasikan modal dengan baik, usaha anda akan siap untuk dijalankan.

  1. Pilihlah lokasi yang tepat

Langkah kedua adalah memilih lokasi yang tepat. Apa saja kriteria lokasi yang tepat itu? Yah, tidak usah banyak-banyak, cukup satu saja, yaitu ramai. Pilihlah lokasi yang ramai agar memudahkan anda untuk menggaet konsumen. Lokasi ramai juga berarti tempat yang banyak dilalui orang misalnya jalan raya atau jalan utama, perumahan padat penduduk, stasiun dan terminal, atau tempat-tempat umum lainnya yang bisa menjangkau banyak orang. Jangan malah memilih tempat yang sempit dan juga jarang dilalui orang. Ini akan menghambat usaha anda. Sekali lagi, pilihlah lokasi yang tepat agar usaha ayam penyet anda laris sehingga semakin berkembang dan mendatangkan keuntungan yang besar.

  1. Menyiapkan peralatan dan perlengkapan usaha ayam penyet

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan dan perlengkapan. Tanpa adanya peralatan, usaha yam penyet pasti akan terhambat, baik dalam proses produksi maupun penyajian. Nah, maka dari itu siapkanlah semua peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam usaha ini. Siapkan alat-alat seperti kompor, wajan, piring, sendok, rice cooker (untuk memasak nasi), dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Jika semua sudah lengkap, anda bisa membuka usaha ayam penyet ini.

  1. Milikilah resep ayam penyet yang khas

Dalam usaha makanan, rasa adalah nomor satu di mata konsumen. Itu berarti anda harus mempunyai resep ayam penyet yang enak dan menggugah selera konsumen. Cita rasa yang enak akan membuat mereka ketagihan sehingga akan balik lagi untuk membeli.

  1. Menentukan harga jual ayam penyet

Langkah berikutnya adalah menentukan harga jual ayam penyet. Yah, anda harus sering-sering survei pasar berapa harga di pasaran. Tentukanlah harga sesuai harga di pasaran. Sebab jika anda mematok harga terlalu tinggi, konsumen akan berpikir ulang untuk membeli. Sekali lagi, tentukan harga yang kompetitif sesuai dengan harga di pasaran. Saat ini harga ayam penyet di pasaran sekitar Rp 12.000 hingga Rp 15.000. jadi, harga tersebut bisa anda jadikan patokan untuk menentukan harga.

  1. Melakukan promosi yang efektif dan efisien

Langkah ketujuh adalah melakukan promosi yang efektif dan efisien. Yah, ini semata-mata untuk mendatangkan lebih banyak konsumen. Tentu saja anda bisa melakukan berbagai hal untuk berpromosi. Namun anda harus berpromosi yang efektif dan efisien. Artinya, promosi murah namun tepat sasaran. Misalnya anda bisa berpromosi menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya. Selain itu, anda juga bisa membuat banner yang besar dan memasangnya di tempat yang strategis. Atau anda bisa berpromosi secara mouth to mouth (mulut ke mulut) seperti kepada rekan, sahabat, saudara, kerabat, dan lainnya. Ingat, berpromosilah yang efektif dan efisien.

  1. Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen

Langkah terakhir adalah memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Setelah anda benar-benar membuka usaha ini, berikan pelayan yang maksimal kepada konsumen. Selalu bersikap ramah, murah senyum, menjaga kebersihan tempat adalah hal yang harus anda lakukan. Dengan begitu, konsumen akan merasa nyaman membeli ayam penyet anda. Dan mereka tentunya akan menjadi langganan yang menguntungkan.

 

Sumber : http://www.biezniez.com/7-langkah-membuka-usaha-ayam-penyet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *