Desi Anwar: Pewawancara Tak Usah Pusingkan Hal Teknis

Adi Pramudya, Pengusaha Sukses di Bidang Pertanian
March 31, 2018
Kisah Inspiratif Helga Angelina, Pemilik Burgreens
April 3, 2018

Tampil dilayar kaca sebagai orang yang mewawancarai tokoh-tokoh terkenal dunia, sudah menjadi pemandangan yang sering kita saksikan dalam acara Face to Face Metrotv. Sebagai tuan rumah acara tersebut, Desi Anwar adalah sosok pewawancara yang melekat di jagat kegiatan wawancara televisi. Ia memulai kariernya sebagai pembawa acara dalam stasiun televisi komersil pertama di Indonesia, RCTI pada 1990. Desi Anwar terpilih sebagai “Presenter Berita Terbaik” oleh Tabloid Citra selama tiga tahun berturut-turut (1994 – 1997). Ia juga memenangkan Panasonic Award untuk “Presenter Berita Terbaik” pada tahun 1997 dan 1998. Pada tahun 1998, ia dinominasikan sebagai “Presenter Terbaik” oleh Asian Television Awards. Untuk selanjutnya, ia bergabung dengan Metrotv pada 1999.

Desi Anwar lahir pada tanggal 11 Desember 1962 di Bandung. Ia berhasil menyelesaikan akademiknya di University of Sussex, Inggris dan meraih gelarBachelor of Arts. Setelahnya dia berhasil meraih delar Master of Arts dari S.O.A.S, University of London, Inggris. Sepanjang kariernya, ia mengawalinya dengan menjadi reporter dan pembaca berita RCTI pada tahun 1990. Setelah itu dia menjadi salah satu Co-Founder situs berita astaga.com pada tahun 1999, sesaat ketika mengundurkan diri dari RCTI. Ditahun yang sama, di menjadi Anggota redaksi The Observer Indonesia. Kariernya sebagai jurnalis televisi  memang berlanjut ketika ia bergabung untuk pertama kali sebagai Consultan and trainer Metrotv pada tahun yang sama. Saat ini dia aktif menjadi kolumnis reguler untuk majalah Tempo berita dan harian Inggris The Jakarta Globe dan menjadi Host “Face to Face” dan “Tea Time” Metrotv sampai saat ini.

Sepanjang kariernya, orang-orang yang telah diwawancarai meliputi: PM Benazir Bhutto, PM Tony Blair, Lady Margaret Thatcher, Bill Gates, Muhamad Yunus, Presiden Jiang Zemin, Perancis Diva Catherine Deneuve, mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad, pendiri Body Shop Anita Roddick, Super Model Cindy Crawford, PM Pakistan Pervez Musharaf dan banyak lainnya dari semua lapisan masyarakat. Adapun, tamu dalam acara di Metrotv baru-baru ini adalah HH Dalai Lama, Pengusaha Richard Branson, bintang Hollywood Richard Gere, Musisi Kitaro, Pemodal George Soros dan banyak kepala negara dan tokoh internasional berpengaruh.

Bebicara mengenai wawancara, Desi Anwar mengatakan bahwa wawancara itu tidak dipelajari. “Yang harus dipelajari adalah, menemukan apa yang sebenarnya membuat anda tertarik dalam hidup ini. Jadi seperti bagaimana wawancara yang baik itu, tidaklah terlalu penting,” ujarnya.

Pada akhir kesempatan Desi menyampaikan mengenai harapannya kepada generasi muda. Ia mengatakan, “Sebenarnya wawancara itu tidak dipelajari.  Yang harus dipelajari adalah, menemukan apa yang sebenarnya membuat Anda tertarik dalam hidup ini”. Ia menambahkan mengenai bagaimana wawancara yang baik itu, tidaklah terlalu penting. “Jadi, kalian tidak usah khawatir terhadap hal secara teknis. Karena ini masalah jam terbang. Tapi yang harus selalu dipastikan adalah apa yang membuat kita tertarik, mungkin ingin melihat tempat yang baru atau bertemu dengan orang yang menarik,” tambahnya

 

sumber : http://jurnal11fikomunpad.blogspot.co.id/2013/01/desi-anwar-pewawancara-tak-usah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *