10 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

5 Cara Menjalankan Bisnis di Usia Muda
April 11, 2018
7 Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas
April 13, 2018

Memiliki segudang aktivitas yang super padat. Mulai dari tumpukan dealine, jadwal meeting di sana-sini, dan lembur sampai tengah malam, kadang membuat Anda memilih untuk melewatkan waktu makan atau beli makanan di resto cepat saji. Namun, jangan jadikan kesibukan harian sebagai alasan untuk makan sembarangan. Asupan makanan yang tepat, sehat, dan seimbang justru akan sangat meningkatkan produktivitas Anda sehari-hari. Berikut adalah tips menjalani pola makan sehat yang gampang ditiru untuk orang-orang sibuk.

1. Sarapan

Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu regulasi gula darah. Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

Sarapan yang dianjurkan untuk disantap adalah:

  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi, misalnya oatmeal, sereal, buah, dan sayur.
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi, misalnya sereal gandum, dan biji Chia.
  • Makanan yang kaya akan protein, misalnya kacang kedelai, biji-bijian, susu almond, susu sapi, yogurt, dan telur.
  • Makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa.

2. Jangan kebanyakan minum kopi

Kebanyakan minum kopi akan membebani kerja hati (liver), sehingga membuat Anda dehidrasi dan meningkatkan risiko gula darah jadi tidak stabil.

Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh Anda, jadi apabila kerja hati Anda terbebani, maka kemungkinan Anda terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat.

Kurangi konsumsi kopi. Sebaiknya jangan lebih dari 4 cangkir per hari.

3. Banyak minum air putih

Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal, minumah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Anda tetap tinggi, pencernaan Anda lancar, dan konsentrasi Anda terjaga.

Ketika Anda dehidrasi, terkadang tubuh Anda juga akan memberikan sinyal yang kurang tepat saat Anda lapar. Pastikan untuk tidak meminum air putih tepat sebelum makan, karena hal itu dapat menghalangi pencernaan Anda.

Minumlah air putih 20 menit sebelum atau 60 menit sesudah makan. Dianjurkan juga untuk tidak meminum air dingin, karena air dingin dapat meningkatkan kontraksi pada lambung dan usus Anda serta memperlambat pencernaan Anda.

4. Makan makanan yang segar

Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan-makanan yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

5. Perhatikan hasil proses makanan di restoran

Waktu memesan makanan di restoran, perhatikan tentang proses pembuatan makanan di buku menu, apakah makanan itu dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar.

Cobalah untuk hindari makanan yang digoreng dan tumis dengan minyak banyak. Makanan-makanan dengan proses pengolahan seperti itu mengindikasikan bahwa makanan tersebut mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Sebaiknya pilih makanan yang direbus atau dipanggang.

6. Kurangi konsumsi alkohol

Untuk setiap gelas alkohol yang Anda minum, seimbangkan dengan meminum segelas air putih. Alkohol membuat Anda dehidrasi, membuat mabuk, dan meningkatkan nafsu makan Anda. Paling banyak, dianjurkan untuk pria untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2 gelas alkohol sehari dan untuk wanita tidak lebih dari 1 gelas sehari.

7. Selalu siap sedia snack

Ke mana pun Anda pergi, bawalah snack-snack sehat seperti buah yang dipotong kecil-kecil, jus, oatmeal, sayur segar yang dipotong kecil-kecil, atau energy bar yang terbuat dari kacang kedelai. Makanlah snack Anda setiap 3 jam sekali untuk membantu gula darah tetap stabil dan mencegah Anda makan berlebihan saat jam makan.

8. Jangan makan sampai kekenyangan

Makanlah secukupnya saat jam makan, sekitar 80% kenyang dan jangan sampai lebih dari itu. Kalau Anda masih merasa lapar 10 menit kemudian, barulah makan sedikit lagi. Makan berlebihan bukan saja mengakibatkan bertambahnya berat badan, tetapi dapat memperlambat sistem pencernaan Anda dan dapat mengakibatkan penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes.

9. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsilah buah dan sayur setiap harinya. Carilah buah dan sayur yang penuh warna, segar, dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayur tersebut. Pilihlah sayur-sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, atau bok-choy. Sayur-sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

10. Hindari telat makan

Laju metabolisme Anda akan melambat saat malam. Dianjurkan untuk makan malam sebelum jam 8 malam agar tubuh Anda sempat untuk memproses makanan yang Anda makan dan membersihkan racun pada tubuh Anda sehingga Anda terhindar dari berat badan berlebih.

Semua tips pola makan sehat yang disebutkan di atas cukup mudah dilakukan, tidak peduli seberapa sibuknya Anda. Ingat selalu bahwa kesehatan Anda lebih penting daripada kesibukan Anda. Perlu diingat juga bahwa kunci dari hidup sehat adalah dedikasi dan motivasi dari diri kita sendiri untuk memulai hidup sehat. Jadi, meskipun sibuk, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan Anda!

 

sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/pola-makan-sehat-untuk-orang-sibuk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *