Nabilla Samhana Bawazier, Pebisnis Sepatu Yang Sukses di Usia Muda

10 Contoh Ide Usaha Makanan Ringan Modal Kecil
March 16, 2018
Kisah Inspiratif Pendiri Media Sosial Path – Dave Morin
March 20, 2018

Pebisnis muda Nabilla Samhana Bawazier menjual produk sepatu yang diberi bran NSBWZ (Nice Shoes Be Wonder Zhoe). Pada awalnya gadis asal Bogor yang kerap disapa Abil ini menceritakan kebutuhan sepatu hingga memutuskan untuk custom made dan berubah menjadi bisnis sendiri. Bisnis diawali sejak usia 17 tahun dengan berjualan di instagram hingga kini berkembang dengan sangat baik dan memiliki outlet di Kota Bogor.

Tentunya saat itu usianya masih sangat muda, usia dimana anak-anak seumurnya sibuk bermain ketimbang kerja apalagi mengurus sebuah bisnis. Namun sepertinya darah sang ayah, yang merupakan seorang wirausaha telah turun kepadanya, sehingga wanita kelahiran 16 Desember 1994 itu mengaku sangat senang menjalani usaha bisnis sepatunya hingga sekarang.

Sibuk bekerja memang tidak menghalanginya untuk menikmati masa muda, masa muda yang juga tidak akan pernah ia sia-siakan sehingga ia pun secara serius mengelola bisnisnya.

Abil sangat bersyukur karena dulu sang ayah sangat mendukungnya untuk memulai bisnis sepatu. Ayahnya tahu kalau anaknya ini sangat menyukai sepatu, lalu dia menyuruh Nabilla untuk memanfaatkannya. Ya, berawal dari hobi koleksi sepatu itulah bisnis Abil berjalan hingga sekarang.

Ketertarikan Abil terhadap sepatu membuat sang ayah terus meyakinkannya untuk membuat sepatu sendiri yang sesuai dengan keinginannya. Dan feeling sang ayah sepertinya tidaklah salah karena hal tersebut terbukti ketika Abil sukses memperkenalkan sepatunya ke seluruh Indonesia.

Modal usaha sepatu NSBWZ awalnya itu 30 juta, dan Nabilla mendapat uangnya dari Ayah. Setelah itu dapat pinjaman dari bank walaupun bukan pakai nama Nabilla sendiri melainkan pakai nama orangtua karena dia belum cukup umur waktu itu. Bank pun memang sangat mendukung usaha yang dia jalani ini. Sehingga untuk modal, pebisnis muda ini diberi kemudahan.

Nama NSBWZ menurut Nabilla awalnya sangat narsis karena merupakan singkatan nama asli Nabila. Setelah mengerti bisnis dan sadar bahwa nama NSBWZ susah menyebutnya, Nabila ubah singkatannya menjadi ‘Nice Shoes Be Wonder Zoe’. Sempat berpikiran ingin mengganti nama, namun nama NSBWZ sudah begitu dikenal masyarakat luas. Jadi Nabilla pun menetapkan nama NSBWZ seperti dulu.

Nabilla memilih kota Bogor sebagai tempat bisnis awalnya. Tepatnya di Jalan Lodaya I Bogor. Toko itu mulai buka tahun 2014. Sebelumnya dari 2012, Nabilla memanfaatkan jualan di media sosial. Sekarang meskipun sudah punya toko, dia tetap buka onlinenya juga. Karena pada awalnya memang NSBWZ itu jualan di online. Lagipula tidak bisa dimungkiri kalau sekarang banyak orang yang sudah nyaman dengan belanja online.

 

Kesulitan Nabilla saat menjadi pebisnis awalnya saat mencari pegawai. Waktu itu ada satu orang pengrajin, tapi ternyata dia malah menipu nya. Uang Nabila di bawa kabur. Setelah itu, dia dapat satu pegawai lagi. Namun ternyata membuat sepatu itu ada beberapa tahapan dan tiap tahapan ini tidak mungkin hanya di kerjakan satu orang. Akhirnya Nabila menambah pegawai lagi.

Di Bogor memang banyak pengrajin sepatu, tetapi mereka selalu beralasan kalau mereka tidak bisa buat sepatu ‘mahal’. Mereka mengatakan sepatu Nabila adalah sepatu mahal. Jadi karena sebelumnya mereka bekerja borongan, dimana para pengusahanya hanya mementingkan kuantitas saja, sedangkan Nabila ingin menonjolkan kualitas. Jadi, awalnya susah mencari tenaga ahli.

Yang Nabilla suka dari bisnis sepatu ini yaitu dia dapat membantu orang-orang yang mengalami masalah pada kakinya seperti dirinya. Mungkin tidak keliatan, tapi kaki nya memang ada beberapa bagian yang lebih besar. Nah, dengan adanya worksop dan bisa custom jadi setiap orang bisa menyesuaikan bentuk kakinya. Bahkan, dia juga dapat membuat sepatu khusus di tempatnya bagi orang-orang yang membutuhkan. Nabila sendiri merasa bahagia jika apa yang dia lakukan bermanfaat untuk orang lain.

Sisi lain yang dilihat oleh Nabilla Samhana Bawazier ketika membuka bisnis sepatu adalah ketika dia menyadari bahwa usahanya juga dapat membantu orang lain. Ia sangat senang ketika bisa mempekerjakan banyak orang yang membutuhkan. Hal tersebut pula yang membuatnya terus semangat bekerja dan berharap bisnisnya bisa semakin luas supaya makin banyak orang yang ia bantu.

Kini, dia bisa mengecap untung dengan bisnis yang kian berkembang sangat baik. Dia mampu mengantongi pendapatan sekitar Rp 60 juta setiap bulan, dan memiliki outlet sepatu sendiri.

Menurut Nabilla: Membangun bisnis itu follow your passion, kalau nggak sesuai passion itu nggak enak, yang paling enak itu hobi yang dibayar. Jangan gampang menyerah. Ada yang bilang perjalanan membangun bisnis itu ada kalanya naik, ada saatnya jatuh juga, pas di bawah gimanapun caranya ya kita harus bangkit lagi. Kegagalan itu bisa dibilang sudah menjadi sahabat terdekat dari para pengusaha. Jadi jangan takut gagal, kalaupun gagal bukan berarti kamu harus berhenti, justru bangkit dan belajar dari kegagalan itu.

Untuk menjadi sukses didunia dalam berbisnis sehingga menjadi kaya bisa diawali dari nol sehingga seorang pelaku usaha bisa merasakan tahap-tahap setiap perjuangan menuju apa yang diharapkannya.

Memang tidak mudah meraih kesuksesan, banyak aral yang melintang didepan langkah menuju kearah tersebut, mulai dari modal finansial, pengetahuan dan pengalaman. Ketiga faktor ini sangat erat berkaitan dan menjadi permasalahan yang wajar ketika mengawali sebuah usaha. Seorang usahawan tentu pernah merasakan hal-hal ini, disaat memiliki sedikit wawasan dan ingin memulai sebuah usaha terbentur dengan modal, juga ketika sedikit modal sudah didapatkan kemudian lanjut memulai melakukan menjalankan usahanya maka pengalaman dalam menjalankan usaha tersebut akan berjalan panjang menghiasi perjalanannya.

 

sumber : http://atikaadisurya.blogspot.co.id/2016/11/nabilla-pebisnis-sepatu-yang-sukses-di_95.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *