Mencari Peluang di Industri Kreatif

Kisah Raj kumar Gupta, Pengusaha Sukses Yang Memulai Usahanya Dari Nol
March 6, 2018
Kisah Inspiratif Pendiri KFC – Harland Sanders
March 8, 2018

Kreativitas adalah kemampuan untuk menyerap pengetahuan, gagasan serta sumber daya lainnya dan mengombinasikannya dengan imajinasi untuk menciptakan ide dan produk baru. Bagaimana kita bisa mencari celah usaha di dunia kreatif?

Produk kreatif adalah hasil kemampuan intelektual individu. Industri kretif dapat diartikan sebagai industri yang memanfaatkan kreativitas individu sebagai sumber daya untuk menciptakan lapangan pekerjaan atau sebagai penggerak roda perekonomian. Industri kreatif memang terlihat sebagai sektor yang sulit untuk ditaklukkan. Tapi, benarkah demikian? Praktiknya di Indonesia, pertumbuhan industri kreatif berkembang cukup pesat dan memiliki peran penting pada perekonomian masyarakat dan negara. Yang jelas, menjalankan usaha di industri kreatif memiliki tantangan tersendiri. Berikut, tips menjalankan bisnis di bidang industri kreatif:

Jadi Ahli Dalam Satu Bidang

Ketahuilah apa yang menjadi bakat, minat dan keahlian Anda, lalu fokus pada hal tersebut. Jangan mencoba menaklukkan semua bidang sekaligus. Gali potensi Anda di bidang tertentu dan teruslah belajar. Temukan mentor yang bisa membimbing Anda menjadi lebih baik. Selain itu, sering-seringlah berkumpul dengan orang-orang yang terjun di bidang industri untuk mendapatkan masukan.

Fleksibel Dan Mengikuti Zaman

Seiring berjalannya waktu, industri kreatif pun akan terus mengalami perubahan. Anda harus bisa menerima hal baru seperti tren, metode atau produk dan karya yang terbaru. Anda akan dituntut bersikap fleksibel dan selalu mengikuti atau menyesuaikan perkembangan zaman. Menjadi fleksibel adalah syarat untuk bertahan di industri kreatif.

Melakukan Promosi Digital

Manfaatkan dunia digital untuk mempromosikan usaha Anda. Cara ini mudah, cepat dan murah untuk dilakukan. Beragam internet tools seperti blog, website, media sosial yang bersifat global dan real time, akan memaksimalkan aktivitas promosi produk Anda. Bukan tak mungkin produk Anda menjangkau dunia.

Fokus pada Konsumen

Cobalah untuk fokus pada orang-orang yang akan menyukai produk Anda. Cari tahu apa yang mereka ingin dan butuhkan dari sebuah produk kreatif.

Jangan Takut Gagal

Tentu Anda sering mendengar ungkapan “kegagalan adalah sukses yang tertunda.” Melalui kegagalan, kita belajar sesuatu. Jadi jangan pernah takut gagal, dan segera memulai usaha Anda di dunia industri kreatif.

Lalu, peluang usaha apa saja yang bisa Anda garap dan kembangkan di industri kreatif? Di bawah ini beberapa contoh usaha bisnis kreatif:

  1. Kuliner

Bisnis satu ini memang tidak ada matinya. Saat ini banyak sekali pelaku usaha kreatif yang bermain di bidang kuliner. Namun Anda tak perlu gentar. Gunakan keahlian Anda dalam memasak atau membuat kue, dan ciptakan kreasi makanan yang baru dan unik. Contoh usaha kuliner yang kreatif misalnya puding 3 Dimensi, cheesecake atau tiramisu yang dikemas dalam toples selai, bakso beranak, dan sebagainya.

  1. Produk Kerajinan (Craft)

Anda suka membuat kerajinan? Mengapa tidak menjualnya? Ada pasar untuk produk kerajinan tangan. Hasil dari produk kerajinan berupa barang yang terbuat dari rotan, bambu, kayu, kain, kulit logam (emas, perak, perunggu, tembaga), tanah liat, porselen dan lain-lain. Anda bisa menciptakan kerajinan yang kreatif dan unik. Contoh produk kerajinan sempat booming adalah bantal lukis, kursi atau bangku yang terbuat dari drum dan ban bekas, boneka kain flanel, casing dan flip cover handphone, sepatu rajut, keranjang rotan dan sebagainya.

  1. Perhiasan, Aksesori

Banyak orang yang suka membeli perhiasan atau aksesori buatan tangan karena rancangannya unik. Perhiasan yang terbuat dari manik-manik sangat populer, namun itu bukan satu-satunya jenis perhiasan yang bisa Anda jual. Aksesori lain, seperti peniti atau bros untuk hijab juga banyak diminati kaum Hawa.

  1. Buket Bunga

Jika Anda pandai merangkai bunga, bisnis buket bunga sangat menjanjikan, lho. Sebab, saat ini banyak orang merayakan momen yang membahagiakan seperti ulang tahun, pernikahan, acara kelulusan dan wisuda serta lainnya dengan memberikan buket bunga baik artifisial maupun bunga asli.

  1. Seni Lukis Mural

Seni melukis dinding atau mural sudah bukan pekerjaan seniman yang iseng belaka. Kini mural menjadi bisnis kreatif. Jika Anda memiliki bakat melukis, mengapa tidak menekuni bisnis ini? Memang, tantangannya adalah tidak mudah mendapatkan klien. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus melukis dinding rumah sendiri untuk membuat portfolio yang nantinya akan ditunjukkan pada calon klien. Menjalin relasi dengan dekorator rumah juga bisa menjadi cara untuk menemukan klien baru. Jangan lupa promosikan usaha Anda di media sosial. Target pasar untuk mural mulai dari pemilik cafe, operator telekomunikasi, instansi pemerintah, pusat kebugaran, rumah sakit, outlet toko dan sebagainya.

  1. Fotografi

Jika Anda pintar memotret dan piawai dalam membidik obyek, bisnis fotografi bisa menjadi pilihan ideal. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari fotografi. Antara lain menawarkan layanan foto wedding dan prewedding, jasa food photography, photobooth, memotret untuk company profile perusahaan, dan menjual foto online.

 

sumber : http://lestarimoerdijat.com/apa-dan-bagaimana/mencari-peluang-industri-kreatif/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *