Kunci Sukses Bisnis Startup

Kisah Inspiratif Pendiri KFC – Harland Sanders
March 8, 2018
Biografi Purdi E. Chandra – Pendiri Primagama
March 12, 2018

foto : loyolaandnews.es

Mengingat besarnya keuntungan bila bisnis sukses, belakangan banyak orang berharap menjadi entrepreneur. Namun, membangun bisnis memerlukan pemahaman aturan dan keuletan agar bisnis baru bertahan hidup.

Dewasa ini, semua orang sepertinya berharap bisa menjadi seorang entrepreneur. Keinginan ini sah-sah saja, mengingat besarnya keuntungan jika bisnis yang didirikan meraih sukses. Selain menghasilkan uang, membuka lapangan pekerjaan baru, Anda juga bisa menjadi bos bagi diri sendiri. Di Indonesia, beberapa tahun belakangan ini, berbagai bisnis startup kian marak bermunculan. Bisnis startup atau bisnis rintisan secara harfiah artinya adalah bisnis yang baru dimulai atau bisnis pemula.

Namun, membangun bisnis bukan hal mudah seperti membalikkan telapak tangan. Kemungkinan bisnis startup mengalami kegagalan pun sangat tinggi. Banyak penyebab mengapa bisnis startup tak mampu bertahan, salah satunya pebisnis tidak mengetahui aturan atau tidak memiliki pengetahuan yang dibutuhkan agar bisnis barunya tetap bertahan hidup.

Berikut tips memulai usaha baru agar bisa berkembang dan meraih sukses:

1. Mengelola Arus Kas (Cash flow)

Banyak para pemula gagal karena berbagai alasan, namun yang paling umum adalah karena kehabisan uang atau modal. Anda wajib mengetahui dari mana datang dan ke mana perginya uang Anda, sekecil apapun nilainya. Jika Anda tidak mengelola arus kas dengan baik, Anda membahayakan bisnis. Buat anggaran keuangan dan tepati anggaran tersebut.

2. Berhemat

Sejak awal membangun usaha, menjaga pengeluaran sekecil mungkin adalah kunci bisnis Anda bisa tetap bertahan. Gunakan uang hanya untuk sesuatu yang dapat meningkatkan nilai bisnis. Anda tidak membutuhkan kantor yang besar, yang kecil pun cukup untuk yang baru memulai usaha. Jika anggaran terbatas, sebaiknya menyewa gedung daripada membeli gedung, dan bahkan cukup menyewa alamat korespondensi dan bekerja dari rumah.

3. Fleksibel dan Dengarkan Pasar

Perubahan adalah hal yang pasti dan tidak bisa dihindari dalam dunia bisnis. Seorang pengusaha dituntut untuk fleksibel, pandai melihat celah, dapat mengikuti perkembangan zaman, dan menerima serta menyesuaikan perubahan. Dalam berbisnis, kita harus berteman dengan tren yang ada di pasar.

 4. Miliki Jejaring Kerja

Jejaring kerja adalah hal penting di dunia bisnis. Dekati orang-orang yang telah sukses membangun usahanya, lalu minta mereka untuk mengajari dan membimbing Anda. Jalin relasi dengan orang-orang yang berbeda sehingga pengalaman serta wawasan Anda semakin beragam. Anda bisa menemukan relasi di acara seminar atau workshop, customer gathering, pameran dan sebagainya.

5. Mempelajari Ceruk Pasar

Ceruk pasar (niche market) adalah segmen pasar yang spesifik, sesuai dengan kebutuhan orang-orang tertentu saja. Jika Anda pelaku bisnis baru, maka Anda harus jeli memperhatikan ceruk pasar. Mempelajari ceruk pasar adalah cara yang ampuh bagi para startup untuk bisa bertahan dalam merintis usahanya. Contoh ceruk pasar adalah fotografi khusus untuk ibu hamil, khusus menemani mereka yang berwisata, atau khusus untuk pre-wedding. Jasa fotografi sendiri adalah pasar yang luas atau disebut mass market. Contoh lain ceruk pasar adalah adalah produk makanan khusus diet rendah gula dan rendah kalori, shampoo untuk perempuan berhijab, atau shampoo khusus untuk rambut yang diwarnai dan sebagainya. Atau dalam bisnis kuliner, Anda bisa menentukan kelompok pembeli dari ceruk pasar yang Anda bidik, misalnya para pecinta kuliner malam di Jogja, yakni nasi gudeg, angkringan dan sebagainya. Dari nasi gudeg, kita bisa mempersempit ceruk pasar, yakni dengan menjual gudeg yang rasanya gurih dan tidak terlalu manis.

6. Tidak Menyerah

Dalam membangun sebuah usaha, Anda tidak boleh setengah-setengah. Itu artinya Anda harus sepenuh hati dan fokus untuk mengembangkan usaha baru dengan konsisten. Saat Anda menyerah, berakhir sudah usaha yang Anda bangun. Kendala dan rintangan dalam berbisnis pasti ada. Ketekunan dan keuletan Anda akan membantu menghadapi semua kendala tersebut.

 

sumber : http://lestarimoerdijat.com/apa-dan-bagaimana/kunci-sukses-bisnis-startup/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *