Profil Elang Gumilang, Pengusaha Muda Sukses di Bidang Properti

11 Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula
February 23, 2018
Profil Wirausaha Sukses Sukanto Tanoto
February 26, 2018

Minat bisnis lelaki kelahiran 6 April 1985 ini sudah kuat sejak duduk di Sekolah Menengah Atas. Keinginan untuk kuliah dengan uang hasil keringat sendiri mendorong Elang untuk berbisnis. Dan berjualan donat keliling adalah pilihannya waktu itu.

Sembari sekolah, Elang dan temannya berjualan donat dengan cara mengambil donat dari produsen yang kemudian ia titipkan ke warung-warung untuk dijual eceran. Baru sepulang sekolah, donat yang dititipkan ke warung tersebut diambil untuk kemudian uang hasil penjualannya disetorkan kembali ke produsen. Elang dan temannya mengambil untung dari selisih harga donat dari produsen dan harga yang ia jual ke warung.

Sebenarnya bisnis donat yang digelutinya ini terbilang sukses! Namun sayang, saat orang tua Elang tahu Elang berjualan donat, Elang pun harus menuruti permintaan orang tuanya untuk berhenti berjualan. Orang tua Elang melakukan itu karena ingin Elang fokus belajar terlebih dahulu karena masih duduk di bangku SMA.

Meski saat itu ia harus menerima kenyataan untuk berhenti berjualan, namun itu tak menurunkan keinginannya untuk kuliah dengan uang hasil sendiri. Terlebih lagi saat itu ia bercita-cita ingin memiliki bisnis ayam bakar saat kuliah sehingga memerlukan modal untuk memulainya.

Ia pun memutar otak untuk mencari cara mendapatkan uang dengan tidak menyakiti hati kedua orang tuanya. Sampai akhirnya, pilihannya jatuh pada Contest Hunter (Pemburu Perlombaan). Elang memilih menjadi Contest Hunter karena menurutnya hadiah dari lomba lumayan cukup untuk modalnya kelak dan pekerjaanya pun tak terlihat mencolok sebagai sebuah bisnis.

Ia pun akhirnya rajin mengikuti lomba-lomba menulis yang diadakan oleh berbagai kalangan.

Usahanya itu tak sia-sia! Ia pun memenangi berbagai kompetisi bergengsi seperti lomba karya tulis ekonomi yang diadakan Universitas Indonesia saat itu.

Berjualan Sepatu hingga Minyak Keliling

Saat ia masuk kuliah, jalan bisnisnya semakin terang. Orang tuanya sudah mulai membebaskan Elang untuk berbisnis asal tidak mengganggu kuliahnya. Ia pun mulai berbisnis kembali saat itu. Ia mulai menjual sepatu ke teman-teman mahasiswanya dengan cara pre-order.

Seperti kisah bisnis sebelumnya, bisnis sepatu Elang juga terbilang sukses saat itu. Namun sayang, saat bisnis sepatunya mulai besar, Elang mendapat cobaan lain. Kali ini dari produsen sepatu langganannya yang menurunkan kualitas sepatu demi menyesuaikan dengan harga bahan baku. Hal itu menyebabkan penjualan sepatunya turun karena kualitas sepatunya turun.

Namun seperti tak kehabisan akal, Elang mulai mencari bisnis lain yang lebih menjanjikan. Ia pun melihat peluang besar saat melihat lampu di kampusnya sering putus (mati). Ia pun akhirnya mencoba menjadi broker lampu untuk kampusnya. Ia meminta penawaran dari salah satu merek lampu terkenal untuk diajukan ke kampusnya. Dan oala..!! Caranya berhasil…!!!

Namun menjadi broker lampu tidak memuaskan hasratnya. Ia pun mencoba berbagai bisnis lainnya seperti berdagang minyak keliling ke tukang-tukang makanan yang membutuhkan jasanya.

Bisnis-bisnisnya tersebut pun sukses seperti cerita bisnis ia yang lainnya. Namun ia merasa tetap ada yang kurang. Ia merasa sebagai Mahasiswa ia seharusnya bisa menggunakan otaknya untuk bisnis daripada ototnya. Ia pun berfikir untuk mencari bisnis yang tepat dengan prinsipnya.

Jatuh Hati kepada Dunia Properti

Setelah mencari berbagai bisnis yang sesuai dengan hatinya, akhirnya Elang memutuskan untuk mencoba dunia properti. Karena ia berlatang belakang Manajemen Ekonomi bukan Teknik Sipil atau Arsitektur, maka Elang memutuskan masuk dunia properti dari menjadi marketing di salah satu perumahan.

Dari situ ia mulai belajar tentang dunia properti. ‘Jenjang karir’nya pun perlahan mulai menanjak. Dari marketing perumahan ia mulai beranjak jadi kontraktor. Dan dari kontraktor ia mulai menjadi pengembang perumahan (developer).

Perumahan Untuk Rakyat
Seperti yang telah WarKrev sebut pada awal tulisan, bagi Elang Gumilang, berbisnis dan bersosial adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena itu ia memilih mengembangkan perumahan murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Jangan berfikir bahwa Elang memulai bisnis developernya dengan modal yang besar. Ia memulai bisnis propertinya dari modal yang pas-pasan. Ia memulai mengembangkan perumahan murah dengan modal patungan bersama teman-teman SMA nya.Dan seperti kata pepatah, semakin tinggi pohon semakin kencang pula angin yang menerpanya. Pepatah itu berlaku juga untuk Elang. Dengan pengalaman bisnis yang banyak tidak semerta merta menjadikan jalan Elang Gumilang mulus di bisnis developer perumahan.Menurut pengakuan Elang kepada Indonesia Morning Show, ia pernah terlilit hutang miliaran rupiah di saat umurnya baru menginjak 20-an.Tapi bukan Elang namanya jika lantas berputus asa. Dengan hanya 2 tahun ia dapat mengembalikan hutang miliaran rupiahnya tersebut. Caranya??? Sayang WarKrev belum mendapati caranya sampai sekarang. Kini, dibawah bendera Peradaban Land, Elang Gumilang mulai memasuki ranah real estate. Namun bukan berarti ia berhenti membangun perumahan murah untuk rakyat. Ia tetap melanjutkan perumahan murah tersebut, karena bagi dia, itu adalah tanggung jawab yang tidak bisa dipisahkan dari bisnisnya.

Secuil Pelajaran

Sebuah pepatah pernah mengatakan, bahwa ‘Orang Bodoh akan kalah dengan Orang Pintar, namun Orang Pintar akan kalah dengan Orang yang Bersungguh-sungguh’. Karena itu jangan pernah menyerah dengan apa yang sobat Kreative yakini.

 Seperti Elang Gumilang yang terus bertekad untuk menjadi pengusaha yang sukses. Meski banyak rintangan yang harus dilewati, namun tekad yang kuat pada akhirnya membawa Elang Gumilang meraih mimpinya meski dengan cara yang tidak pernah ia rencanakan.
Selain itu jangan pernah lupa bahwa bisnis tidak semata-mata soal uang. Tapi ada nilai sosial yang tak bisa terpisahkan dari bisnis itu sendiri. Karena itu niatkan setiap bisnis sobat Kreative untuk memberi manfaat bagi sesama manusia dan alam ini.
sumber : https://warkrev.xyz/post/profil-elang-gumilang-pengusaha-muda-sukses-di-bidang-properti/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *