Lima Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan

Kisah Pendiri Spotify: Drop Out Kuliah Malah Kaya Raya
December 14, 2017
Profil Pendiri Brand Penguin Books, Allen Lane
December 16, 2017

Usaha bisnis makanan ternyata belum mati, ini lima jenis bisnis yang masih menguntungkan!

Apakah kepalamu selalu memproduksi ide-ide mengenai berbagai macam resep makanan dan hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut? Jika iya, berbisnis kuliner mungkin bisa jadi adalah panggilanmu. Entah membuat makanan sehat atau makanan enak, bisnis kuliner pasti akan menjadi pengalaman yang berharga untukmu.

Membesarkan bisnis kuliner memang memerlukan usaha keras. Namun jika kamu menemukan peluang usaha makanan yang tepat, maka bukan tidak mungkin bisnis kulinermu akan meroket dengan cepat.

  1. Konsep farm-to-table

Jika kamu termasuk tipe orang yang menjunjung tinggi nilai gizi dalam makanan, maka kamu pasti tahu bahwa hanya bahan-bahan segarlah yang dapat diolah menjadi makanan enak (walaupun sebagian besar orang menganggap ‘yang sehat biasanya tidak enak’). Oleh sebab itu, tidak ada konsep yang lebih cocok dari konsep farm-to-table untuk menghadirkan restoran dengan nuansa segar, sehat, lokal, dan nikmatSelain turut berkontribusi dalam menyejahterakan para petani, restoran dengan konsep farm-to-tablejuga akan membuat pelangganmu jatuh cinta dengan makanan sehat yang selama ini kebanyakan orang hindari,

  1. Toko kue

Apa yang kamu biasa lakukan untuk membunuh rasa bosanmu? Membuat setoples kue kering atau seloyang bolu untuk camilan sebagai teman santai soremu? Jika iya, mengapa tidak mencoba untuk mengubah hobi tersebut menjadi peluang usaha? Yuk segera ambil resep turun-temurun membuat kue dari keluargamu (atau kamu bisa ciptakan sendiri) dan temukan jenis dessert mana yang paling kamu suka buat. Membuka toko kue memang menghabiskan banyak biaya karena kamu membutuhkan banyak peralatan, perlengkapan, dan bahan-bahan. Namun jika kamu bisa memanfaatkan penjualan onlinet idak lama setelah toko kuemu diluncurkan (ini menjadi solusi tepat untuk memuaskan para calon pelanggan yang tinggal jauh dari rumahmu), maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar. Bisnis kuliner ini adalah ide usaha makanan yang hebat untuk dijalankan di waktu luang. Kamu bisa menerima pesananmu sepanjang hari dan mulai memasaknya pada malam hari setelah kamu bekerja, atau di akhir pekan. Dan yang terbaik, kamu tidak akan pernah kesulitan mencari relawan untuk membantumu memakan kesalahan-kesalahan yang biasa kamu buat saat pertama kali memanggang kue.

  1. Katering

Pernahkah kamu menyelenggarakan sebuah pesta makan malam (atau siang) dan menemukan dirimu sangat menikmati setiap persiapan yang ada? Jika ternyata kamu adalah koki rumahan yang bisa memasak hidangan lezat dalam jumlah besar, maka kamu bisa memanfaatkan talenta yang kamu miliki sebagai modal awal untuk membuat bisnis katering. Jika kamu baru memulai bisnis ini, kamu lebih baik menghindari pesanan-pesanan untuk acara-acara besar seperti ulang tahun atau pernikahan. Sebagai gantinya, kamu bisa menerima pesanan untuk acara arisan komplek, pengajian, atau acara-acara dengan skala yang lebih kecil. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan layanan pelanggan tambahan dengan ikut membersihkan piring atau makanan-makanan sisa setelah acara selesai. Siapa tahu kamu mungkin akan mendapatkan tip dari kerja kerasmu itu?

  1. Pengiriman bahan-bahan makanan

Bagi pasangan suami-istri yang bekerja, belanja bahan-bahan makanan kadang kala menjadi kegiatan yang sering terlewatkan. Oleh sebab itu, jika kamu mempunyai waktu luang di malam hari atau di akhir pekan, dan bisa mengendari kendaraan, maka kamu bisa membantu keluarga sibuk ini dengan menjadi supermarket berjalan untuk mereka. Kamu bisa memberi nilai tambah pada jasa pengirimanmu setelah memberi daftar harga bahan-bahan makanan yang paling murah (kamu harus melakukan observasi dan perbandingan harga dari satu toko ke toko lain terlebih dahulu) dan membeli secara grosir untuk semakin menghemat biaya kepada para calon pelangganmu.

  1. Food truck
 Ingin membuka bisnis kuliner tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli (atau menyewa) sebuah ruangan dan berton-ton peralatan dapur? Hanya dengan seperangkat roda yang layak dan dapur mini di dalamnya, Anda bisa mewujudkan mimpi tersebut. Yap! Food truck adalah peluang usaha makanan yang sedang digandrungi oleh banyak pegiat bisnis kuliner karena tidak terlalu menghabiskan banyak biaya, harga yang bersaing, serta memiliki risiko kegagalan yang lebih rendah. Untuk membuat food truckkamu menonjol, fokuskan jenis makananmu pada spesialisasi tertentu. Pilihlah jenis makanan atau masakan tertentu yang memang sudah kamu kenal baik dan sempurnakan resep tersebut sebelum akhirnya dijual di restoran mobile kamu.

Layaknya merintis sebuah startup, menjalankan sebuah bisnis kuliner yang baru tentu memerlukan kerja keras, dedikasi tinggi, dan kemampuan dalam mengatasi rintangan yang pasti akan kamu hadapi di depan. Oleh sebab itu, mempunyai ide dan peluang usaha makanan saja tidaklah cukup. Kamu juga harus belajar untuk mengetahui lokasi mana saja yang potensial untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner, mempunyai rekan kerja yang berpengalaman, mengikuti perkembangan jaman (mulai dari tren makanan hingga interior ruangan), tidak takut dengan kegagalan, dan tentu saja, membuat makanan yang enak.

 

Sumber : https://studentpreneur.co/blog/lima-peluang-usaha-makanan-yang-menguntungkan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *