Founder HIJUP Diajeng Lestari Muslimah Inspirasi

5 Tips marketing ini bantu bisnis UMKM cepat berkembang
November 3, 2017
Kevin Mintaraga Sosok Kreatif Di Balik Kesuksesan Startup BrideStory
November 6, 2017

Para hijabers trendy tentunya familiar dengan e commerce Hijup.com. Karena di sana kalian akan mudah mendapatkan trend hijab terkini dan tidak perlu repot – repot untuk mencari berkeliling. Dan kadang kala mereka juga mengadakan midnight sale!

Founder dari Hijup.com ini adalah Diajeng Lestari. Istri dari pendiri Bukalapak.com Achmad Zaky.Wanita inspirasi ini lahir di Bekasi pada 17 Januari 1986. Ayahnya bernama H.Heru Soekotjo dan Ibunya bernama Endang Nurul Kusumawardhani.

Masa kecil Diajeng Lestari dihabiskan di tempat kelahirannya yaitu Bekasi. Sampai ketika kuliah, beliau diterima di FISIP Universitas Indonesia , jurusan Ilmu Politik.

Ditempat kuliah inilah pemikiran Diajeng Lestari berkembang. Selain mengikuti perkuliahan di Ilmu Politik, Mbak Ajeng (panggilan Diajeng Lestari) juga sering ikut perkuliahan jurusan lain. Mata kuliah yang disukainya adalah Management of Changes. Dari situlah pemikirannya terus berkembang. Ia mengimpikan dirinya bisa membuat sesuatu yang bisa memberikan perubahan yang positif di masyarakat.

Setamat kuliah di tahun 2008 , Diajeng Lestari bekerja di GTZ, yaitu lembaga pemerintahan asal Jerman yang bekerjasama dengan Pemerintahan Indonesia guna meneliti tentang pelayanan public di Indonesia. Kemudian ia pindah ke sebuah perusahaan komersil dan masuk sebagai tim marketing research.

Kesehariannya ia habiskan untuk bekerja selama 8 jam dengan gaji 8jt/bulan. Sebuah angka fantastis dan kehidupan yang sangat nyaman sekali bagi Diajeng Lestari.

Sampai kemudian ia menikah dengan seorang pendiri startup bisnis juga yaitu Achmad Zaky (pendiri bukalapak.com).  Seringnya berinteraksi dengan sang suami membuat Diajeng Lestari terbuka pemikirannya.

Ia memikirkan kembali idealismenya untuk membuat sesuatu yang lebih berharga bagi masyarakat, ketimbang hanya menjadi seorang karyawati. Apalagi saat itu iapun sudah punya baby perempuan yang cantik bernama Laiqa Anzani. Tentunya perannya sebagai seorang ibu juga menuntutnya untuk selalu dekat dengan anak.

Akhirnya Diajeng Lestari memutuskan untuk resign dari perusahaan. Diajeng pun kemudian berfikir untuk membuat sebuah e-commerce yang berbasis fashion muslimah. Ketika ia bekerja, sangat sulit menemukan busana kerja yang Islami. Sedang perusahaan menuntut pegawainya untuk selalu tampil fashionable, bersih dan rapi.

Peluang inilah yang ditangkap oleh seorang Diajeng Lestari. Dimana ketika itu, belum ada situs yang khusus membahas tentang fashion muslimah. Diajeng tidak berkeinginan untuk membuat produk. Karena sebenarnya sudah banyak brand-brand baju muslimah yang terkenal dan bagus-bagus namun tidak tersistem dengan baik.

Diajeng Lestari kemudian mendirikan HijUp.com pada tahun 2011. Konsep dari HijUp.com ini adalah seperti mall namun online, khusus baju-baju Muslimah yang syar’i.

Jadi Diajeng Lestari harus mencari dan meyakinkan produsen busana muslim yang brand sudah kuat , kualitas bagus, dan syar’i.

Dalam perjalanannya membesarkan HijUp.com, banyak sekali lika-liku nya. Awalnya ia mempekerjakan 2 pegawai, yaitu bagian computer dan bagian gudang. Namun selang sehari pegawai bagian computer mengundurkan diri tanpa sebab. Sontak shocklah Mbak Ajeng, namun keputusan sudah diambil, HijUp.com harus terus besar dan terus maju. Akhirnya Mbak Ajeng (Diajeng Lestari) yang harus menghandle semuanya sendiri, mulai dari admin computer, meyakinkan tenant (pemilik brand yang akan diajak kerja sama), sampai model untuk sesi pemotretan pun ia sendiri yang melakukan.

Intinya masa awal-awal membangun HijUp.com itu benar-benar masa perjuangan, gak hanya kerja keras namun juga kerja cerdas dan kerja kuli. Gimana tidak, seorang Diajeng Lestari harus merangkap sebagai direktur, manajer, plus office girl untuk usahanya. Sedangkan bagian IT dibantu oleh suaminya Achmad Zaky yang saat itu juga ada perusahaan IT.

Saat ini HijUp.com sudah demikian kuat, besar dan terkenal. HijUp.com telah menjadi e-commerce pertama di Indonesia bahkan dunia yang bergerak dibidang Moslem Fashion.

Bahkan saking terkenalnya di dunia maya, Diajeng Lestari baru-baru ini mendapat funding dari perusahaan investasi yang berbasis di Silicon Valley, kalau tak salah sebesar 1juta dollar US.

Sumber  :http://biodatakubiografiku.blogspot.co.id/2016/09/biodata-dan-biografi-diajeng-lestari.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *