Exsport, Eiger dan Bodypack Tas Berkualitas Indonesia

5 Tips Sukses dari Miliarder Richard Branson
November 10, 2017
Sukses Bisnis Toko Bunga dengan Modal 1 Juta
November 14, 2017

Siapa sangka produk tas dengan merek Exsport, Eiger dan Bodypack adalah buatan anak bangsa. Ketiga merek tersebut merupakan penguasa pasar untuk produk tas saat ini. Tokoh dibalik layar kesuksesan merek tersebut adalah Ronny Lukito.

Setelah lulus STM pada 1979, Ronny memutuskan untuk mencari pekerjaan. Karena keterbatasan biaya Ronny tidak dapat melanjutkan ke bangku kuliah. Berhasil mengubah kondisi pahit yang dihadapinya, menjadi peluang emas yang bisa membuatnya meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

Setelah mendapat saran dari kerabat Ronny memutuskan untuk merintis bisnis tas miliknya sendiri dengan diberi merek Exxon. Dengan pengalaman sejak kecil ikut dengan usaha orang tuanya yaitu memilki toko tas dengan produk sendiri atau dengan produk yang telah ada di pasar. Dari mulai proses packing tas, merapikan tas-tas yang di display, serta menjadi kasir ketika ada pembeli yang membayar.

Jiwa entrepreneur yang dimilikinya sejak duduk di bangku sekolah, membuat lelaki kelahiran Bandung ini mudah menyerap ilmu dari ayahnya. Semenjak itulah Ronny belajar tentang cara memproduksi tas, termasuk membuat desain dan pola tas, sampai proses penjahitan tas. Dengan modal kurang lebih satu juta rupiah, Ronny membeli dua mesin jahit, peralatan jahit, dan sedikit bahan baku pembuatan tas.

Dibantu dengan satu orang pegawai, pengusaha sukses ini memproduksi tas yang diberi merek Exxon. Ternyata produk tas buatan Ronny sukses diterima pasar, usaha yang dirintis dari nol tersebut mulai menunjukan peningkatan yang sangat pesat. Tingginya permintaan pasar membuat omset bisnis tas Exxon selalu meningkat, hingga Ronny berhasil mempekerjakan 100 karyawan.

Hingga akhirnya di tengah perjalanan Ronny meraih kesuksesan, Ia mendapatkan surat complain dari salah satu perusahaan di Amerika yaitu Exxon Mobil Corporation. Karena Ronny telah menggunakan Exxon sebagai merek tas yang diproduksinya, tanpa seizin pemilik hak paten.

Peristiwa tersebut tidak diperpanjang, dan Ronny mengalah untuk mengganti merek produk tasnya dengan nama baru yaitu Exsport. Nama baru tersebut merupakan gabungan dua kata dari Exxon dan Sport. Maksudnya produk tas Ronny ditujukan untuk konsumen yang rata-rata anak muda sportif, dan diharapkan bisa menembus pasar ekspor ke berbagai negara.

Ketekunan dan kerja kerasnya dalam menjalankan usaha, mengantarkan lelaki lulusan STM ini menjadi pengusaha sukses yang luar biasa. Terbukti bukan hanya berhasil membawa tas merek exsport hingga mancanegara, namun kini dibawah naungan B&B Inc. Ronny berhasil membawahi empat anak perusahaan besar antara lain PT. Eksonindo Multi Product Industry (EMPI), PT. Eigerindo MPI, PT. EMPI Senajaya dan CV Persada Abadi.

Sederet merek tas terkenal pun, menjadi bukti nyata keberhasilan Ronny Lukito dalam menguasai pasar tas baik lokal maupun internasional. Membidik berbagai segmen pasar, Ronny pun mengembangkan sayapnya dengan memasarkan merek Eiger, Exsport, Neosack, Bodypack, Nordwand, Morphosa, World Series, Extrem, Vertic, Domus Danica serta Broklyn.

Sumber :https://bisnisukm.com/ronny-lukito-tokoh-dibalik-layar-tas-exsport-eiger-bodypack.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *