Nabila NSBWZ Sukses Bisnis Sepatu dari Usia Belia

Kisah Sukses Pendiri Traveloka, Ferry Unardi
October 28, 2017
Anak Penderes Go International Bawa Gula Semut ke Pasar Dunia
October 31, 2017

Sepatu  merupakan salah satu kebutuhan penting dan juga menjadi koleksi untuk sebagian perempuan. Hal tersebut yang memotivasi Nabila untuk memulai bisnis sepatu. Berawal dari kesenangannya pada sepatu membuat Abil, sapaan akrab Nabila, menggeluti bisnis tersebut.

Dara kelahiran 16 Desember 1994 ini memulai bisnisnya saat duduk di bangku SMA. Berawal dari membuat produk untuk dirinya sendiri dan memajang di social media membuat banyak yang tertarik. Dengan modal awal Rp 30, Abil dibantu kedua orangtuanya untuk memulai bisnis sepatu.

Sang ayah merupakan pebisnis di bidang properti, membantu Abil untuk mencari pengrajin sepatu di daerah Bogor. Dia menyulap garasi rumahnya menjadi bengkel sepatu. Abil memberi nama brand untuk sepatunya adalah NSBWZ yang berarti Nice Shoes Be Wonder Zhoes.

Kendala demi kendala dilalui Nabil dengan tegar. Abil pernah ditipu oleh pengrajinnya sendiri dan membawa kabur uangnya sebesar Rp 600 ribu untuk membuat tiga buah pasang sepatu. Selain itu Abil juga pernah mengikuti bazaar namun tidak berjalan mulus. Pada dua hari pertama tidak ada yang membeli dan pada hari ketiga juga hanya satu pembeli.

Setelah ditelusuri ternyata saat itu juga ada bazar di sebuah mal yang membuat semua pembeli lebih tertarik ke sana. Sebenarnya Abil juga ingin mengikuti bazar itu, namun sulit bagi brand baru sepertinya. Dan hasil yang didapatkan Abil lebih dari yang diharapkan.

Peralihan dari tahun 2015 ke 2016 Abil kembali melewati masa-masa berat. Dia terpaksa merumahkan beberapa pegawainya karena penjualan sepatunya mengalami penurunan. Saat itu harga bahan baku juga naik karena perekonomian dunia sedang lemah.

Lika-liku yang dialami membuatnya lebih kuat dan mengerti dengan dunia bisnis. Banyak model sepatu yang bisa saja ditiru membuat Abil lebih menonjolkan dari segi pelayanan dan kualitas.

Di tahun keempat berbisnis Abil memiliki 14 pegawai dengan omzet mencapai Rp 60 juta perbulan. Pengalaman yang dilewatinya membuatnya menjadi lebih kuat dan terbiasa. Meski begitu Abil masih belum merasa berhasil.

Sumber : http://www.wanitaindonesia.co.id/index.php?view=viewarticle&id=16090073

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *