Kisah Sukses Pendiri Traveloka, Ferry Unardi

Pemuda Indonesia, Pemuda Perubahan
October 28, 2017
Nabila NSBWZ Sukses Bisnis Sepatu dari Usia Belia
October 30, 2017

Merencanakan traveling ataupun bepergian dengan pesawat akan sangat menyenangkan, terlebih dengan adanya sebuah aplikasi yang bisa membandingkan beberapa harga secara langsung dan juga bisa memesan. Aplikasi Traveloka pastinya sudah tidak asing bagi anda, karena aplikasi tersebut yang membantu pemesanan secara langsung kapanpun dan dimana pun. Ferry Unardi adalah dalang dari pembuatan aplikasi tersebut dan dibantu oleh 2 temannya Derianto Kusuma dan Albert Zhang.

Pria berdarah Padang ini melanjutkan kuliah studi di Purdue University jurusan Computer Science dan Engineering. Setelah menyelesaikan pendidikan S1, pria kelahiran 16 Januari 1988 bekerja sebagai Software Engineer di Microsoft, Seattle.

Setelah bekerja selama 3 tahun, Ferry mencoba peruntungannya ke China dan mendapat inspirasi terkait industry travel dan penerbangan. Meski sebagai software engineer, Ferry tidak percaya diri untuk memulai startup. Akhirnya Ferry memutuskan untuk melanjutkan S2 Bisnis di Harvard University.

Setelah melewati 1 semester di Harvard, Ferry merintis startup di bidang pencari tiket pesawat. Ide ini berawal saat Ferry kesulitan mencari tiket pesawat untuk pulang ke Padang. Karena rute yang tersedia hanya sampai ke Jakarta saja dan harus mencari tiket kembali untuk bisa sampai ke Padang.

Konsep awal Traveloka pada tahun 2012 menjadi situs pembanding tiket pesawat. Dan pada tahun  2013, Traveloka berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat. Berawal memiliki tim dengan jumlah 8 orang, Ferry saat ini telah memiliki ratusan orang dalam perusahaannya.

Hambatan yang dimiliki Ferry tidak hanya mengelola tim yang berawal 8 orang dan saat ini telah memiliki ratusan orang dalam perusahaanya. Selain itu, Ferry berusaha meyakinkan maskapai penerbangan agar bersedika bekerjasama dengan Traveloka.

Sejauh ini Traveloka sudah mendapatkan pendanaan dari beberapa perusahaan modal ventura (venture capital). Pendanaan pertama berasal dari East Ventures pada tahun 2012 dan Global Founders Capital pada tahun 2013.

Sumber : finansialku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *