Chairul Tanjung, Si Anak Singkong

4 Cara kaya ala Warren Buffet
October 10, 2017
Penjual Kopi dengan omzet milyaran rupiah Theresia Deka Putri
October 12, 2017

Indonesia's Para Group Chairman Chairul Tanjung speaks during Forbes Global CEO Conference in Kuala Lumpur September 13, 2011. REUTERS/Bazuki Muhammad (MALAYSIA - Tags: BUSINESS SOCIETY WEALTH)

Chairul Tanjung merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Selain sukses pada bisnis, Chairul Tanjung juga dipercaya menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Awal mula terjun ke dunia bisnis saat ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Untuk memenuhi  kebutuhan kuliah, ia berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan foto kopi di kampus. Chairul juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran  dan laboratorium di bilangan Senen, Jakarta Pusat, namun bangkrut.

Setelah lulus kuliah Chairul mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya pada 1987 dengan modal Rp 150 juta. Perusahaan tersebut memproduksi sepatu untuk anak – anak untuk diekspor. Meski pada awalnya berjalan dengan lancer dan langsung mendapat pesanan, akan tetapi  karena tidak sejalan visi usaha, Chairul memilih berpisah dan mendirikan perusahaan sendiri.

Mengarahkan usahanya ke konglomerasi, Chairul mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti: keuangan, properti, dan multimedia. Ia menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group. Para Inti Holdindo sebagai father holding company yang membawahi beberapa sub holding yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi), dan Para Inti Propertindo (properti).

Dengan banyaknya perusahaan yang telah ia bangun, ada tahun 2010, majalah ternama Forbes menempatkan Chairul sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Dalam menajalankan bisnis bagi Chairul mengembangkan jaringan adalah hal yang penting. Baginya, pertemanan yang baik akan membantu proses berkembangnya bisnis yang dikerjakan.

Dalam hal investasi, Chairul Tanjung memiliki idealisme bahwa perusahaan lokalpun bisa menjadi perusahaan yang bisa bersinergi dengan perusahaan-perusahaan multinasional.

Menurutnya modal memang penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Namun kemauan dan kerja keras, merupakan hal paling pokok yang harus dimiliki seseorang yang ingin sukses.

Dalam bisnis, Chairul menyatakan bahwa generasi muda sudah seharusnya sabar, dan mau menapaki tangga usaha satu persatu.

Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Chairul_Tanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *