5 CARA MENINGKATKAN BISNIS UKM MENJADI LEBIH BESAR

Penjual Kopi dengan omzet milyaran rupiah Theresia Deka Putri
October 12, 2017
Andika Sutoro Putra Sukses Bisnis Properti Sejak Usia Muda
October 14, 2017

Ada banyak cara untuk menjadikan bisnis UKM menjadi lebih besar. Di Indonesia perkembangan UKM masih terhambat modal, manajemen keuangan sampai strategi pemasaran. Cara kelola bisnis yang salah juga menjadi salah satu kendala. Kurangnya aturan dalam bekerja, mencampur uang bisnis dan pribadi, tidak mempunyai standarisasi kerja dan lain sebagainya menjadi faktor kegagalan lainnya.

  1. Rancang rencana bisnis yang tepat

Membuat rencana bisnis memiliki  pengaruh yang besar pada bisnis yang akan anda jalankan. Anda bisa menggambarkan pola bisnis yang dijalani, menganalisis potensi pasar, memantau kompetitor bisnis, strategi pemasaran produk, optimalisasi sumber daya manusia. Bukan hanya membuat bisnis terarah, namun dengan adanya rencana bisnis yang tepat akan membuat anda mudah untuk membuat target jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

  1. Ciptakan Standard Operating Prosedur

Standard Operating Procedure atau SOP juga dibutuhkan dalam bisnis UKM. Layaknya perusahaan waralaba, anda harus mampu menciptakan standarisasi kerja. Tujuannya untuk menjaga kualitas produk tetap baik. SOP akan merangkum segala ketentuan mulai dari proses produksi dan pemasaran yang tepat. SOP bisa saja berubah-ubah melihat kondisi bisnis anda. Semakin cermat dalam memantau bisnis anda, semakin banyak pembenahan yang bisa anda terapkan.

  1. Segmentasi pasar.

Dalam merancang suatu produk, UKM harus menjalankan segmentasi pasar.Cara ini yang juga dilakukan usaha-usaha besar dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Sebab, tiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar,usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya.

 

  1. Peningkatan kapasitas informasi teknologi (IT)

Merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan bagi usaha kecil dan menengah dan hal tersebut juga dapat menumbuh-kembangkan roda usaha. Perkembangan informasi teknologi sudah bergerak sangat cepat, baik dari sisi perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lunak (software) yang dapat membantu kinerja perusahaan. Saat ini telah banyak perangkat lunak yang dikembangkan agar dapat membantu proses bisnis dengan melakukan penyimpanan informasi atau data dari aktivitas yang telah terjadi pada suatu perusahaan.

 

  1. Media internet.

Pentingnya internet sebagai media promosi akan membuat usaha kecil menengah Indonesia akan dapat dikenal hingga pelosok nusantara. Usaha kecil menengah Indonesia bisa mempromosikan bisnis dan usahanya, dengan biaya murah namun memiliki efektifitas yang luar biasa.

Usaha kecil kecil menengah Indonesia bisa mengembangkan usaha dan bisnisnya,dengan mendapatkan mitra secara online

Situs Internet ini sangatlah berguna dalam hal pemasaran, di mana melalui situs internet ini para pengusaha UKM memiliki keuntungngan yang lebih karena dengan internet ini, segala sesuatunya lebih efektif dan juga efisien, sebagai contoh periklanan dan juga transport dapat lebih diminimize.

 

Sumber :https://zahiraccounting.com/id/blog/5-cara-meningkatkan-bisnis-ukm-menjadi-lebih-besar/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *